KONDISI BANGSA SAAT INI MEMBUTUHKAN KAMU PARA REMAJA BERBAKAT

Indonesia merupakan negara merdeka, tetapi setelah runtuhnya rezim orde baru dan berganti menjadi zaman reformasi kenyataannya yaitu jumlah kemiskinan, remaja putus sekolah, kekerasan dan tindakan kriminal semakin meningkat dalam 10 tahun terakhir ini.

Belum lagi saingan dunia globalisasi dan industri yang semakin ketat di dunia. Sektor ekonomi di Indonesia harus dapat bersaing dengan negara lain di dunia. Baik dalam memenuhi sumber daya alam ataupun sumber daya manusianya. Sangat disayangkan, Indonesia yang memiliki kekayaan alam melimpah tetapi malah banyak dikuasai oleh bangsa asing. Sedangkan hanya beberapa yang justru dimanfaatkan oleh pemerintah. Ironis, bahkan di dalam UUD 1945 telah dijelaskan bahwa kekayaan alam dipergunakan sebaik-baiknya untuk kemakmuran rakyat, tetapi masih banyak yang belum dapat merasakannya.

Di samping itu bangsa Indonesia mulai dilecehkan oleh bangsa lain. Mungkin kita masih ingat hilangnya pulau Sipadan yang sekarang menjadi bagian negara Malaysia. Atau lagu Rasa Sayange, batik dan tarian Reog Ponorogo yang juga diaku oleh Malaysia. Dan masih banyak lagi fakta tentang keterpurukan bangsa Indonesia.

Tetapi kita sebagai remaja jangan menjadi putus semangat. Kita harus berjuang mengangkat nama bangsa dan negara di mata dunia. Itu semua sekarang menjadi tugas kita sebagai remaja. Seperti telah dicontohkan oleh para pahlawan yang dahulu berjuang melawan penjajah. Sejarah mencatat keikutsertaan para pemuda saat itu membantu bersatunya bangsa Indonesia khususnya kaum pemuda. Dalam sumpah pemuda, yang kemudian datang dari Jong Ambon, Jong Celebes dan lainnya. Selain itu banyak juga pemuda yang ikut bereperan dalam PMI (Palang Merah Indonesia) mereka membantu para tentara yang terluka ketika berperang.

John.F.Kennedy dalam pidatonya berkata, “ Janganlah kamu bertanya apa yang dapat negara berikan kepadamu! Tapi apa yang dapat kamu berikan terhadap negara?”
Menjadi remaja unggul dengan beberapa indikator yang telah dibahas di poin sebelumnya agar dapat berpartisipasi membela bangsa dan negara. Karena remaja merupakan harapan bangsa. Mulailah dari sekarang untuk belajar mebuat konsep diri dan peta diri tentang kekuatan kamu, kelemahan kamu, dan kesempatan kamu, manfaatkan setiap kesempatan dan peluang, jangan menyia-nyiakan waktu, terus menerus mengembangkan diri dan kemampuan.

Banyak para remaja Indonesia yang sukses dalam bidangnya karena mereka selalu konsisten terhadap apa yang mereka jalani. Seperti Agnes Monica, yang sukses dengan karirnya dia membuat penampilannya berbeda dan semaksimal mungkin untuk orang yang menontonnya. Di samping itu para pelajar SMU yang berhasil dalam olimpiade fisika tingkat dunia. Dan masih banyak lagi peran remaja Indonesia yang telah mengharumkan nama bangsa dan negara. Jika kita merasa belum berbuat seperti itu, mulai dari sekarang kita harus konsisten tentang diri kita sendiri, mempunyai tujuan yang jelas dengan menerapkan langkah-langkah jitu untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Karena bangsa dan negara membutuhkan kita sebagai remaja unggul. Terus berjuang para remaja Indonesia!

Diambil dari ringkasan buku bertema remaja dan psikologinya.

2 responses to “KONDISI BANGSA SAAT INI MEMBUTUHKAN KAMU PARA REMAJA BERBAKAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s